Selamat Datang di Blog milik TINEKE SEPTIANA RAMDHANI

Minggu, 19 Juni 2016

Anak Tunggal, Pribadi Yang Mandiri atau Anak Manja?

Dalam sebuah keluarga, sangatlah umum memiliki anak lebih dari satu. Namun, adakalanya sebuah keluarga memiliki hanya satu anak atau biasa disebut anak tunggal. Sudah menjadi rahasia umum jika anak tunggal memiliki imej sebagai anak manja. Betulkan begitu? 
Menjadi anak tunggal tidak selalu identik dengan anak manja. Karena itu tergantung dari pola asuh orang tuanya. Jika orang tua yang memiliki satu anak sudah mendidik anaknya untuk menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri, maka si anak tunggal tersebut akan menjadi anak yang mandiri. 
Menjadi anak tunggal memang banyak kelebihannya. Semua fasilitas yang didapat dari orang tuanya mutlak menjadi milik sang anak. Namun adakalanya orang tua lengah dalam mendidik, bisa membuat si anak tunggal menjadi egois dan selalu menuntut perhatian. 
Anak Tunggal, Anak Sulung, Anak Tengah maupun Anak Bungsu adalah posisi yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apapun posisinya, tetaplah disyukuri karena itu merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. 
Berhentilah menggeneralisir bahwa Anak Tunggal itu selalu manja. Justru anggapan seperti itulah yang  membuat si Anak Tunggal  merasa bahwa orang-orang sekitar tidak mempercayai kemandiriannya. 
Berilah kepercayaan bahwa Anak Tunggal juga bisa berprestasi seperti yang lainnya tanpa harus menyinggung-nyinggung posisinya yang selalu dicap sebagai anak manja.